Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 (Part 4.3: Mereka yang Warna Warni -selesai-)

Alhamdulillah … selama empat tahun belakangan, aku sudah berkesempatan untuk mengikuti dua kali OSN. Yang pertama, OSN SD 2011 di Manado, Sulawesi Utara. Dan yang kedua, yang menjadi topik pembicaraan tulisan di blogku akhir-akhir ini, OSN SMP 2014 di Padang, Sumatera Barat. Selama persiapan mengikuti kedua ajang itu, aku sempat dibina oleh dosen-dosen yang luaaaarrr biasa. Kenapa luar biasa? Bayangkan saja, mereka yang terbiasa mengajar mahasiswa, harus beradaptasi lagi untuk mengajar kami, anak kecil (untuk SD) dan anak baru gede (anak smp) yang pasti berbeda cara belajarnya dari kebanyakan anak kuliahan.

Kali ini, aku akan berbagi profil para dosen pembimbing OSN Biologi SMP 2014. Check it out! 🙂

Continue Reading

Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 (Part 4.2: Mereka yang Warna Warni)

Alhamdulillah, akhirnya dapat kesempatan juga buat melanjutkan OSN SMP series di blogku tersayaaang ini ❤

Sesuai janjiku, maka kali ini aku bakal mengungkapkan setengah lagi makhluk-makhluk yang mendiami kelas OSN Biologi SMP 2014. Harap kencangkan sabuk pengaman anda, karena sebentar lagi anda akan terguncang (?) melihat bentuk-bentuk kehidupan di bawah ini 😀

Continue Reading

Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 (Part 4.1: Mereka yang Warna Warni)

Salah satu yang paling aku syukuri dari keputusanku bersekolah jauh dari orangtua adalah ……………….. Kemampuan packingku meningkat DRASTIS! Pack-unpack-pack-unpack sudah biasa. Aku jadi mengerti bagaimana memuat banyak baju dalam koper, lalu apa saja yang perlu disiapkan jauh-jauh hari atau beberapa saat sebelum berangkat. Walaupun akhirnya aku sering kelupaan membawa sesuatu sih, tapi paling tidak ada kemajuan dari diriku yang sewaktu kelas 5 sd benar-benar disiapkan tas untuk berangkat lomba Pramuka oleh Umi… hehe.

Dan aku sempat berpikir keras. Pembinaan OSN Jateng berlangsung dari tanggal 3 Mei sampai berangkat bersama ke Padang tanggal 15 Mei. Beruntung tempat pelatihannya di Semarang (tempat yang sama seperti pelatihan OSP), sehingga aku memasukkan barang terakhirku ke tas ketika taksi yang menjemput sudah menunggu sekitar 10 menit. ‘Semangat, Sal! Oleh-oleh emas!’ Kurang lebih begitu ucapan teman-teman, kakak dan adik kelas yang melepasku.

Continue Reading

Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 (Part 3: Kesempatan Itu)

OSP berlangsung tanggal 19 April, sedangkan pengumumannya dijanjikan akan muncul tanggal 29 April. Cukup lama bukan? Ada jarak dua minggu diantaranya. Dan … harus kuakui, sekarang aku bisa bilang bahwa dua minggu itu adalah dua minggu TERMALAS dalam sejarah aku persiapan OSN dari tingkat kota sampai nasional. Tentunya, teman-teman pernah merasa jenuh bukan? Mempelajari hal yang sama … Sedangkan untuk biologi, memang harus terus review. Bukan, bukan berarti aku udah dewa banget jadi merasa menguasai semua materi. Aku capek aja, bosen. Belum lagi, semangat belajarku nggak tercharge dengan maksimal. Muncul pemikiran, ‘Ah, iya kalau aku lolos. Kalau enggak mending ikut pelajaran’.

Continue Reading

Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 (Part 2: OSP, Pintu itu Mulai Terbuka)

Ada sesuatu yang terasa kurang. Ketika pagi itu aku dan dia berjalan beriringan menuju ke sekolah. Namun, ia berbelok menuju kelas. Melambaikan tangannya dan mengucapkan semangat buatku. Aku membalas lambaiannya. Tiba-tiba, hatiku tergelitik, ‘Bukankah aku harusnya menuju perpustakaan bersama dia?’ Kemudian aku sadar. Allah sudah memberikan yang terbaik. Aku tersenyum kembali dan melangkah untuk mulai pacaran. Sama buku biologi. Di perpustakaan.

Aku telah menghitung, kira-kira aku punya waktu satu bulan untuk menggilas habis semua materi. Kubuat jadwal belajar di Ms excel. Kembali aku menjadi siswa kelas delapan yang ‘ada dan tiada’ di kelas. Tanggal 13 April, akhirnya aku berangkat menuju gedung P4G, semacam gedung pelatihan dengan fasilitas penginapan milik pemerintah di Semarang. Disana, kami akan mendapat pembinaan dari tanggal 13-17 April. Tanggal 18-nya kami berangkat ke tempat lomba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Tanggal 19 April, barulah pertempuran untuk mendapat tiket ke Padang dimulai.

Continue Reading