Memasukkan Data Pembacaan Sensor ke Basis Data MySQL

Assalamu’alaikum!

Yak, jadi, saat menuliskan topik terakhir pembelajaran semester kali ini, laptopku memutuskan untuk rusak 😦 Awalnya laptopku menjadi jauh lebih panas dari biasanya, lalu tiba-tiba tidak kursornya tidak bisa digerakkan 😦 Setelah aku matikan, aku coba dinginkan beberapa saat, tetapi dia menolak hidup sampai benar-benar dingin (bahkan aku masukkan ke kulkas). Alhamdulillah, bisa kembali menyala. Sayang sekali, akhirnya aku mem-posting blog terakhir ini lewat dari batas waktu. Maafkan saya Pak Soni 😦

Nah, kali ini, kami diminta untuk membuat suatu domain pribadi dimana di dalamnya terdapat basis data MySQL tempat kita bisa menyimpan hasil pembacaan sensor BME280. Kebanyakan dari kami menggunakan domain milik Hardy (Terima kasih banyak Hardy!) sekaligus basis datanya. Sebenarnya, membuat basis data cukup mudah. Setelah memiliki user basis data, kita memasukkan kode di bawah ini, dan basis data kosong akan terbuat.

19

Langkah berikutnya yang tercantum dalam tutorial ini: https://randomnerdtutorials.com/esp32-esp8266-mysql-database-php/ adalah membuat dua buah file, yang aku beri nama tralala-post-esp-data.php dan tralala-esp-data.php.

20

21

Selanjutnya, aku memasukkan dua jenis kode berbeda. Untuk tralala-esp-data,  kode yang digunakan berfungsi untuk menerima permintaan ESP32 mengirimkan data hasil pembacaan ke basis data MySQL. Sedangkan untuk tralala-post-esp-data, kode yang digunakan berfungsi menampilkan data yang masuk ke basis data ke dalam web. Tentunya aku mengganti nama basis data, nama user, dan password sesuai milikku.

Kemudian, untuk ESP32 dan BME280 dirangkai seperti topik-topik sebelumnya.

ESP32-bme280_bb_f-768x669

20200427_195127

Lalu, aku mengunggah kode yang sudah disediakan randomnerdtutorial ke ESP32, tidak lupa mengganti SSID dan password terlebih dahulu. Sama seperti hasil yang didapat ketika melibatkan input dari BME280, kali ini serial monitor juga gagal terkoneksi ke wifi 😦 Sedih sekali.

Seharusnya, akan muncul IP adress seperi ini.

22

Lalu, dengan memasukkan url ke browser (http://example-domain.com/tralala-esp-data.php) akan muncul pembacaan seperti ini.

23

Baiklah, aku akan mengakhiri post terakhir ini dengan ekspektasi jika BME280-ku bisa bekerja dengan baik. Selama satu semester mengaruni tugas Embedded System ini, aku mendapat pelajaran untuk tidak menunda-nunda pekerjaan karena dapat terjadi hal-hal yang tidak terduga. Terima kasih atas dedikasi dan kepedulian Pak Soni selama ini.

Salam,

Salsabiilaa Roihanah

One thought on “Memasukkan Data Pembacaan Sensor ke Basis Data MySQL

  1. Kak salsa,, knp sih bisa ambil jurusan yg berhubungan dg IT di STEI, padahal kan kk udh sangat lama mendalami biologi. Knp gak ngelanjutin pnddikan yg relate ke biologi jg kak ?..
    Btw, aku jg suka biologi, pas sma jg udh seriuss bgt bljr olimp bio ny. Tpi pas kuliah aku malah masuk ke jurusan sistem informasi. Walaupun bukan passion ku, aku tetep berusaha ngikutin perkuliahan ny dan bnyk belajar hal baru dri situ, tpi kadang jg aku ngerasa salahh jurusan kak ..
    Dan dri tulisan” kk aku jdi lbih termotivasi lg, mksihh kak salsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s