Weather Station x Web Server

Assalamu’alaikum!

Setelah pandemi COVID-19 menghadang, aku harus terpisah dari teman-teman sekelompokku dalam mengerjakan tugas-tugas Sistem Embedded. Huhu sedih sekali 😦 Jujur saja selama ini aku sangat terbantu dengan teman-teman yang tampak lebih menguasai pengoprekan arduino dan kawan-kawannya, karena dua minggu pertama aku sempat tidak hadir dalam kerja kelompok akibat kaki yang tiba-tiba keseleo sampai sangat parah 😦 (Sampai sekarang masih belum bisa sholat dengan sempurna hiks). Sehingga, mengerjakan tugas SE di rumah adalah tantangan yang besar untukku. Tapi, baiklah, mungkin ini memang saatnya aku harus berusaha mandiri… hehe.

Tentunya, aku harus membeli perangkat yang diperlukan terlebih dahulu. Setelah menunggu dengan was-was apakah pesanan bisa sampai di rumah tepat waktu saat banyak tempat mengalami PSBB, akhirnya perangkat yang aku pesan dari marketplace online datang juga.

Berikut adalah perangkat yang aku gunakan:

  1. ESP32 1 buah
  2. Jumper 4 buah
  3. Kabel USB 1 buah
  4. Laptop

Aku mengikuti tutorial berikut ini: https://randomnerdtutorials.com/esp32-web-server-with-bme280-mini-weather-station/. Sebelumnya, ada beberapa library yang harus aku install terlebih dahulu.

Dan ternyata, banyak sekali kesalahan kecil yang aku lakukan saat mencoba merangkai dan mengunggah kode ke mikrokontroler. Aku memastikan rangkaian yang aku buat sudah seperti panduan, kurang lebih seperti ini.

ESP32-bme280_bb_f-768x669

Aku sengaja tidak menggunakan breadboard, langsung menghubungkan antar pin dengan jumper. Aku memasukkan kode persis seperti yang tertera di tutorial.

1

2

Saat dalam proses mengunggah kode, aku menemukan peringatan “Failed to connect to ESP32: Timed out… Connecting…”. Ternyata, aku harus menekan tombol boot pada esp32 ketika akan mengunggah suatu kode. Setelah mulai terkoneksi, aku bisa melepaskan tombol boot dan seharusnya kode bisa terunggah sempurna.

Ketika sudah tidak muncul peringat tersebut, justru muncul tulisan seperti ini. Saat aku membuka serial monitor, tidak ada yang muncul.

20200427_182650[1]

Aku memutuskan untuk mencoba apakah kode memang berhasil terunggah ke esp32 dengan membuat kode led blink. Ternyata, led dapat berkedip dengan sempurna. Artinya, tidak ada masalah dengan esp32 dan kabel data yang aku gunakan untuk menghubungkan ke laptop.

Hnet-image

Setelah aku mencari informasi di internet, ternyata tulisan tersebut bukan peringatan kegagalan. Kodeku seharusnya tetap terunggah ke arduino dengan baik. Akhirnya, aku mencoba lagi setelah menyolder BME280. Aku rasa, dengan disolder maka pin akan semakin mudah terhubung.

20200427_195127

Alhamdulillah, setelah aku coba lagi mengunggah kode dan membuka serial monitor, BME280 telah terdeteksi dan dapat menampilkan suhu, tekanan, ketinggian, dan kelembapan. Yah, meskipun aku sedikit sangsi mengenai keakuratan pengukuran sensor ini.

Hnet.com-image

Selanjutnya, aku memasukkan kode berikut ini untuk membuat web server. Aku harus mengubah SSID dan password dari wifi yang aku gunakan.

3

4

5

Setelah di-upload, pada serial monitor akan muncul alamat IP ESP32.

20200427_200526

Memasukkan alamat tersebut ke browser akan memunculkan halaman berikut ini.

Screenshot_20200427-200641_Chrome

Yak, begitulah pengalaman membuat weather station dan menampilkan hasilnya pada suatu server web yang mengatarkanku melakukan proses solder pertama kali dalam hidup… hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s