Integrated Automatic Hand Soap Dispenser

Hi there!

Post kali ini adalah untuk memenuhi Ujian Tengah Semester mata kuliah Embedded System. Kami diminta untuk mengajukan rancangan sistem embedded yang dapat memecahkan suatu masalah di ITB. Untuk menemukan idenya sendiri aku tidak terlalu kesulitan, sih. Karena ternyata memang banyak banget hal-hal yang aku keluhkan tentang fasilitas di ITB, hehe. Tapi tenang, aku akan berusaha menyumbang ide untuk memecahkan masalah yang ada, supaya nggak mengeluh aja. Talk less do more, right?

Identifikasi Masalah

Mencuci tangan dengan sabun adalah tindakan menjaga kebersihan diri yang sangat disarankan oleh praktisi-praktisi kesehatan. Apalagi, awal  2020 ini dunia dihebohkan oleh penyakit menular yang menyerang saluran pernafasan, disebabkan oleh virus, tepatnya jenis coronavirus, dengan nama resmi COVID-19. Penyebaran penyakit tersebut adalah melalui droplets yang dihasilkan oleh saluran pernafasan ketika penderita bersin atau batuk. Mencuci tangan menjadi salah satu tindakan preventif untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dan penyakit-penyakit lain.

Sayangnya, meskipun jumlah toilet yang tersebar di Kampus Ganesha Institut Teknologi Bandung terbilang sudah cukup memenuhi kebutuhan civitas akademika dan pengunjung yang beraktivitas di dalam kampus, fasilitas toilet yaitu sabun cuci tangan sering kali tidak tersedia. Keadaan yang sering ditemukan adalah dispenser sabun cuci tangan dibiarkan kosong untuk waktu yang lama. Dalam beberapa kasus, dispenser sabun cuci tangan rusak atau bahkan ada toilet yang tidak memilikinya.

Deskripsi Solusi

Integrated Automatic Hand Soap Dispenser dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Seluruh toilet dan tempat-tempat strategis di ITB, seperti kantin, perlu memasang dispenser sabun yang dapat mengeluarkan cairan sabun tanpa perlu sentuhan tangan pada tombol atau pompa apa pun. Tujuan mencuci tangan adalah menjaga tangan supaya higienis. Maka, dispenser sabun otomatis penting untuk mengurangi sentuhan tangan kepada permukaan peralatan umum yang mungkin saja malah memperbanyak penempelan kotoran dan kuman penyebab penyakit ke tangan.

Automatic Hand Soap Dispenser memiliki sensor infrared untuk mendeteksi benda yang berada dekat dengan mulut dispenser. Jika ada benda dalam jarak dekat, pompa dispenser akan bekerja untuk menekan sejumlah volume sabun cuci tangan keluar.

Integrasi automatic hand soap dispenser memungkinkan petugas sarana dan prasarana yang bertanggung jawab untuk suatu toilet mengawasi ketersediaan sabun cuci tangan. Karena volume sabun yang dikeluarkan setiap satu kali pemompaan adalah sama, setiap dispenser memiliki jumlah pompaan maksimum tertentu, dengan asumsi dispenser diisi sabun hingga kapasitas maksimumnya. Sabun cuci tangan harus diisi ulang sebelum benar-benar habis. Maka, dispenser akan mengitung mundur setiap kali sensor infrared mendeteksi benda dekat. Ketika telah mencapai threshold tertentu, setiap dispenser mengirimkan update ke stasiun sarana prasarana melalui sambungan wifi supaya memunculkan notifikasi untuk pengisian ulang sabun cuci tangan berupa pesan tulisan dan lampu LED yang berkedip-kedip. LED yang terpasang di dispenser sabun juga akan berkedip-kedip ketika telah mencapai threshold.

Spesifikasi Desain Sistem

Untuk membuat prototype Integrated Automatic Hand Soap Dispenser, dibutuhkan alat-alat sebagai berikut.

  1. Mikrokontroler ESP32 sejumlah dua buah.
  2. Sensor PIR sejumlah satu buah untuk mendeteksi perubahan suhu jika ada benda dengan suhu lebih hangat seperti tubuh manusia berada dekat dengan sensor.
  3. LED sejumlah dua buah.
  4. I2C 16×2 LCD Display sebanyak satu buah.
  5. Solenoid kecil.
  6. Tabung dengan ukuran yang sesuai supaya bisa digerakkan oleh solenoid.

Komunikasi yang digunakan antara dua mikrokontroler adalah Client-Server Wifi Communication.

Skenario Solusi

Berikut adalah diagram kerja Integrated Automatic Hand Soap Dispenser.

4

Rancangan Sistem Hardware

Berikut adalah diagram yang menjelaskan bagaimana setiap perangkat keras dalam solusi ini berhubungan.

3

Sedangkan di bawah ini adalah flow chart cara kerja tabung pompa.

2

Rancangan Sistem Perangkat Lunak

Berikut adalah flow chart yang menjelaskan tahapan-tahapan yang berlangsung pada perangkat lunak solusi ini.

1

Demikian rancangan Integrated Automatic Hand Soap Dispenser yang bisa diterapkan di ITB untuk meningkatkan kebersihan diri setiap pengunjung kampus.

5

Terima kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s