Saatnya Berbagi! (Tips dan Trik OSN)

Assalamu’alaikum!

Wah, nggak kerasa ya, kurang dari dua minggu lagi, gelaran OSN 2017 akan segera dimulai. Gimana nih, perasaan teman-teman yang sudah terpanggil untuk menjadi peserta OSN 2017? Pastinya senang, namun juga superΒ deg-degan, ya? I know that feeling so well. Yang jelas, semoga kegiatan belajarnya nggak mengganggu makan opor dan silaturahim saat Lebaran nanti … hehe.

Menanggapi pertanyaan seputar cara belajar, tips dan trik OSN yang sering sekali aku dapatkan, aku berinisiatif untuk menjawab semuanya. Tapi, yang biasanya aku tuangkan lewat tulisan, aku ingin mencoba hal baru. Hm, apa tuh hal barunya?

Kali ini, aku bekerja sama dengan lembaga Konsultan Olimpiade Sains Nasional yang udah saaaaangat berpengalaman dalam bidang per-olimpiade-an ini; pelatihan-osn.com! Aku membuat 3 video yang bisa teman-teman temukan di channel youtube Pelatos (nama bekennya pelatihan-osn.com). By the way, aku juga alumni Pelatos loh, untuk mempersiapkan OSN SMA 2015 dulu πŸ˜€ .

Oke deh, yuk kita bahas satu-satu apa saja konten yang bisa teman-teman dapatkan dari menonton ketiga video tersebut! πŸ™‚

#CeritaSalsa Part 1: Tes Teori, Cara Belajar dan Motivasi OSNΒ 

Part pertama ini menjelaskan tentang apa itu OSN secara umum, bagaimana tahap-tahap seleksinya, dan bagaimana jadwal OSN Biologi biasanya dilaksanakan setiap tahun. Selanjutnya, aku memaparkan lebih detail tentang tipe soal Tes Teori di OSN dan tips serta trik untuk belajar mempersiapkan diri menjawab soal-soal itu. Terakhir, aku ingin kita semua kembali bertanya pada diri kita masing-masing. Buat apa sih, kita mengikuti OSN? Apa alasan utama kita untuk mau disibukkan dengan segala pelatihan ini? Sebagai seorang muslim, aku percaya bahwa semua tindakan kita bernilai pahala apabila kita memulainya dengan niatan yang tepat. Kalau buat aku sendiri, apa sih niat yang membuatku bertahan sampai sejauh ini? Well, just check it out! πŸ˜‰

#CeritaSalsa Part 2: Tes Praktikum, How to Enjoy OSN, Opini tentang “Ketidakmerataan Pendidikan di Indonesia”

Part kedua ini isinya sangat menarik, loh! (Yah, narsis πŸ˜€ tapi tiga-tiganya menarik, sih #loh #teteup). Praktikum di OSN mungkin terkesan cukup ‘misterius’, terutama apabila belum pernah mengikuti Pelatnas dan pelatihan dari lembaga-lembaga swasta lainnya. Disini, aku mencoba memberikan rangkuman tentang alat-alat dan skill yang harus banget teman-teman kuasai untuk menyongsong OSN Biologi. Selain itu, aku membahas tentang tips supaya kalian benar-benar menikmati masa satu minggu kalian di OSN, bukannya malah merasa tidak percaya diri dan jadi anti sosial 😦 Banyak loh, orang yang bilang bahwa kesempatan mengikuti ajang OSN itu salah satu pengalaman tak terlupakan dalam hidup mereka πŸ˜‰ . Lalu, aku juga membahas tentang perolehan medali yang mungkin, terlihat mayoritas diraih oleh beberapa provinsi tertentu saja. Ada apa sih, dengan pendidikan di Indonesia? Apakah ada solusi untuk hal ini? Nonton aja, yuk! ^_^

#CeritaSalsa Part 3: Persiapan Non-teknis Menjelang OSN, How to Accept Reality, Hikmah OSN

Di dua video sebelumnya, aku sudah mengupas Tes Teori dan Praktikum. Sekarang, saatnya mempersiapkan hal-hal selain belajar untuk OSN! Apa aja, tuh? Banyak, sih. Yuk, ditonton aja! Oh ya, seperti kita semua ketahui, di akhir OSN, akan terungkap siapa saja yang berhasil meraih medali. Perunggu, Perak, Emas… atau hanya jadi peserta saja. Apapun yang kita dapatkan, kita harus menerimanya dengan lapang dada. Susah? Well, ada nih, tips supaya mudah menerima kenyataan πŸ˜‰ OSN juga bermanfaat banget. Dapat medali atau nggak, kalian dapat berbagai pengalaman yang lebih berharga dari medali itu sendiri ^_^


Alhamdulillah … itu tadi tiga video hasil kerjasamaku dengan pelatihan-osn.com. Memang sih, aku banyak membahas khusus untuk OSN Biologi, terutama pada dua video pertama. Tapi aku rasa, cara belajar anak olimpiade secara umum sama. Jadi, tidak menutup kemungkinan teman-teman selain anak Biologi bisa mengambil manfaat dari ketiga video ini. In syaa Allah, konten dari videonya juga nggak hanya diperuntukkan tahun 2017. Untuk OSN tahun-tahun berikutnya nggak bakal kadaluwarsa, kok.

Sejujurnya, aku juga masih sangat harus banyak sekali (oke, ini bukan kalimat efektif) belajar. Jadi, segala tips dan trik yang sudah aku sampaikan juga selalu menjadi pengingat buat aku meningkatkan ilmu lebih banyak lagi. Yuk, bareng-bareng menuntut ilmu!

Berhubung ini video pertama yang aku bikin, aku sadar masih banyaaak banget kekurangan. Sehingga, feedback dari teman-teman sangat aku harapkan. Kalau teman-teman perhatikan, di video kedua terdengar banyak noise yang sangat mengungkap gambaran tentang lingkungan tempatku tinggal. Hehe.Β Next time, mungkin video-video lain, di channel aku sendiri ^_^ Yeaaaay!

Terakhir, selamat berjuang peserta OSN 2017. Seperti kataku di penghujung video ketiga;

Setelah bertahun-tahun ikut OSN, I’ve never regretted it, not even once!

Semoga kalian juga nggak pernah menyesal, ya. Bismillah, all the best!

OSN2017_1

Wassalamu’alaikum

One thought on “Saatnya Berbagi! (Tips dan Trik OSN)

  1. Jadi flashback waktu sma :))

Leave a Reply

