Langkah Pertama #1

Assalamu’alaikum semua …🙂

Setelah ditunggu-tunggu berbulan-bulan, akhirnya … kabar itu datang juga! Dua puluh sembilan peraih medali emas dan perak bidang Fisika dan Biologi OSN SMP 2014, dipanggil untuk mengikuti Training Center IJSO 2014. TC itu berlangsung dari tanggal 31   Agustus sampai 14 September. Uniknya, aku pertama mengetahui panggilan itu dari facebook. Surat panggilan resmi dari dinas malah datang lebih terlambat. Langsung saja deh, aku berkoordinasi dengan pihak  sekolah. Aku berangkat ke Bandung (tempat TC tersebut digelar) pada tanggal 31 Agustus.

Nggak usah ngomongin hal-hal semacam persiapan gitu yaaa … wehehe. Mengingat IJSO itu memperlombakan 3 bidang sekaligus, aku masih sangat jauh dari kata siap. Apalagi untuk materi yang belum terlalu kukenal, Kimia dan Fisika. Terlebih Fisika.  Belum lagi, minggu-minggu itu, mungkin gara-gara aku lagi rajin-rajinnya baca buku Enid Blyton sebangsa Malory Towers dan kawan-kawan, mood nulisku tiba-tiba naik! Jadilah, otak ini impulsnya ke banyak arah. Sebagian ingin belajar olim, sebagian ngerjain tugas sekolah, sebagian ngurusin year book, dan baaaanyaaak bagian yang ingin menulis! Rasanya, banyak banget ide berseliweran di kepala yang bikin gatel tangan. Dan, satu-satunya cara buat menghilangkan rasa ‘gatal’ itu yaaa … dengan membiarkan jari-jariku menari di atas laptop. Jadi … ya sudahlah. Ikuti pembinaan dengan sepenuh hati aja🙂

Bagi teman-teman yang baru awal mengikuti cerita Salsa, ada sekilas info🙂 Alhamdulillah, di Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 lalu, aku mendapat Medali Emas Bidang Biologi. Sesuai peraturan, peraih medali emas dan perak mata pelajaran fisika dan biologi akan dipanggil untuk ikut seleksi jadi tim Indonesia. Tim apa? Nah, ada perlombaan tingkat international, namanya International Junior Science Olympiad atau disingkat IJSO. IJSO itu lomba sains untuk anak dibawah lima belas tahun. Yap, benar sekali! Sains disini adalah IPA. Fisika, Biologi, Kimia. Jadi satu! Akhirnya, 30 orang peraih medali emas dan perak bidang fisika dan biologi harus mengikuti Training Center selama dua minggu. TC itu juga berupa seleksi. Akan diambil 12 besar, dan dua belas orang ini diharapkan bakal mewakili Indonesia ke Mendoza, Argentina, bulan Desember besok.

Alhamdulillah, di IJSO 2013 yang diadakan di India, tahun lalu, seorang kakak kelasku berhasil meraih medali perak! Subhanallah, keren ya😉 Makasih banget buat Kak Atika. Sudah sering aku ribetin macem-macem tapi tetap dengan senang hati membimbing adik kelasnya yang sering menggalau ini ^_^

Anyway, berangkatlah aku ke Bandung ditemani … nggak tanggung-tanggung, Kepala Sekolahku sendiri🙂 hehehe. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya aku terpaksa terbang ke Jakarta, lalu melanjutkan perjalanan ke Bandung pakai travel. Nggak ada cerita menarik sih, selama perjalanan. Cuma waktu itu di rest area pinggir jalan tol, nggak sengaja ketemu sama anak-anak Riau yang mau ikut TC juga. Kurang keren apa coba, Kepala Sekolahku yang nggak tau mereka-mereka itu udah bisa menebak mereka juga anak olimpiade yang mau ikut seleksi cuma dari … mukanya😀 Haha. Ada apakah dengan muka-muka kita anak olimpiade hingga bisa dikenali dengan mudahnya? *misteri* Setelah menempuh perjalanan yang (menurutku) cukup lama, sampailah kami di depan hotel ini. Hotel Sukajadi! Begini penampakan hotelnya dari luar.

Tampak depan Hotel Sukajadi

Tampak depan Hotel Sukajadi

Kelihatannya memang imut-imut kan?? Tapi, setelah aku masuk ke bangunan itu, ternyata bagian dalamnya cukup besar, kok. Ditambah lagi ada bangunan baru di belakang yang desainnya tampak lebih modern. Ketika aku masuk ke lobby, jam menunjukkan pukul 12 siang. Langsung aku mengedarkan pandangan ke sekeliling untuk mencari Rini. Kami sudah berkirim pesan sejak tadi. Pokoknya kami janjian mau sekamar selama TC ini. Eh… ternyata Rini disana, sedang duduk di kursi dengan kepala sekolahnya. Rini lihat aku dan aku lihat dia, akhirnya kami sama-sama teriak dan berpelukan ala-ala teletubbies.

Rasanya … seru banget berdiri bengong di lobby sambil melihat sekitar. Loh? hehe … Bukannya apa, tapi aku orangnya memang sukaaaa banget memperhatikan orang-orang disekitarku. Terlebih lagi, ada banyak anggota TC yang paling tidak sudah berteman denganku lewat media sosial, tapi aku sendiri nggak mengenal mereka secara personal. Ada yang sekedar ingat pernah ketemu waktu OSN, ada yang cuma lihat fotonya, malah ada yang cuma denger-denger namanya dari cerita orang lain. Kalau ada yang pernah nonton serial Sherlock Holmes nya BBC, pasti tau ketika si Sherlock sedang mengamati seseorang, terus muncul bubble-bubble berisi siapa orang itu dan sifat-sifat yang teramati dari mereka. Nah, persis deh kayak waktu itu. Seakan-akan ada tulisan di atas kepala orang-orang itu yang bikin aku semacam “Oh… itu si A yang blablabla itu, kan? Itu si B ya? Oh … si C yang itu.” Aku bengong terus sampai ngehalangin jalan orang😀 hehe.

Begitu registrasi beres… Aku dan Rini ambil kunci kamar kami dan mulai menata barang. Kamarku termasuk yang imut … tapi nggak apa. Dibalik kamar yang kecil tersimpan hati yang besar (?). Hehe. Selanjutnya, ada pembukaan sekaligus pengarahan untuk Training Center Tahap 1 IJSO 2014 ini. Kita yang seharusnya bertiga puluh, cuma ada 29 karena satu orang terlalu tua usianya. Tunggu dulu … siapa aja ke 29 orang itu? Nih, masing-masing namanya🙂

3 Bapak perwakilan dari Dirjen Pendidikan Menengah bersama beberapa pengajar memberikan beberapa pengarahan. Dibuka sesi tanya jawab yang berujung cukup ramai. Masih ada ketidak pastian soal jumlah siswa yang akan dikirim untuk mewakili Indonesia ke Argentina. IJSO itu pelopornya Indonesia, loh. Makanya, setiap tahun Indonesia mendapat keistimewaan boleh mengirim 2 tim. Berarti, 12 orang bisa terpilih. Hanya saja, ada beberapa negara yang hanya mengijinkan Indonesia mengirim satu tim. Nah, kalau Argentina termasuk yang begitu, berarti hanya 6 orang yang lanjut ke tahap selanjutnya. Tentu ini bukan berita bagus bagi kami. Dua belas dan enam itu bedanya sangat mencolok, lho. Kami berharapnya bisa dua tim dikirim, begitu juga harapan kementrian. Tapi … entahlah. Berdoa saja untuk yang terbaik :3

Selesai pengarahan, pendamping diminta untuk meninggalkan ruangan. Ternyata, kita bakal ada quality time sama kakak pendamping. Yaps, serunya, selama Training Center ini, kita akan ditemani tiga kakak pendamping. Ada Kak Nadia, Kak Lulu, sama Kak Syifa. Mereka ini bakal memastikan semua kebutuhan kita terpenuhi, SEKALIGUS menjadi observer kita selama TC. Lah, ngapain gitu kita pakai diawasin segala? Katanya, seleksi ini nggak cuma memperhitungkan nilai tes tertulis dan eksperimen. Sikap dan pribadi kita juga termasuk poin penjurian. Kakak-kakak ini lah yang nantinya turut memberi pertimbangan saat penentuan peserta yang lolos ke tahap berikutnya. Setidaknya, itu yang Kak Nadia tuturkan saat kita berkumpul dan mulai berkenalan satu sama lain. Kalau anak PASIAD pasti paham deh, mereka bertiga ini semacam abla dan abi bagi kita. Oh iya, Kak Syifa itu Syifa Abi looh😀 hehe.

Di acara mengenal lebih dekat (?) itu, kita bermain game. Tujuannya tentu untuk menghafal teman-teman baru. Okay, I am not that good in remembering names. Tapi setelah dua tiga hari, aku mulai hafal kok. Mau tau wajah ke dua puluh sembilan manusia penghuni Hotel Sukajadi selama dua minggu itu bagaimana? Nah, bisa dicermati disini:

Hafalkan nama dan wajah kami :) Nanti kalau teman-teman bertemu orang mirip kami, sapa aja. Siapa tahu bukan kami :D

Hafalkan nama dan wajah kami🙂 Nanti kalau teman-teman bertemu orang mirip kami, sapa aja. Siapa tahu bukan kami😀

Sebelumnya Salsa minta maaf ya, teman-teman… Aku mengekspos keberadaan kalian kepada khalayak ramai (?). Nggak apa kan, gaya-gaya boyband gitu … biar ada foto terus ada nama, siapa tahu yang baca blog ini banyak banget terus kita semua jadi terkenal dimana-manaaaa :”) *siap-siap ditimpuk*

Kita juga membahas jadwal harian selama dua minggu itu, lalu sanksi apa aja yang dijatuhkan kalau ada yang melanggar jadwal dan peraturan yang sudah kita sepakati. Pokoknya, kita punya 100 poin dan setiap pelanggaran berbuah -10. Setelah beres, kami kembali ke kamar masing-masing dan bersiap untuk tidur.

The show will go on from tomorrow! ^__^

BERSAMBUNG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s