Olimpiade Sains Nasional SMP 2014 (Part 4.1: Mereka yang Warna Warni)

Salah satu yang paling aku syukuri dari keputusanku bersekolah jauh dari orangtua adalah ……………….. Kemampuan packingku meningkat DRASTIS! Pack-unpack-pack-unpack sudah biasa. Aku jadi mengerti bagaimana memuat banyak baju dalam koper, lalu apa saja yang perlu disiapkan jauh-jauh hari atau beberapa saat sebelum berangkat. Walaupun akhirnya aku sering kelupaan membawa sesuatu sih, tapi paling tidak ada kemajuan dari diriku yang sewaktu kelas 5 sd benar-benar disiapkan tas untuk berangkat lomba Pramuka oleh Umi… hehe.

Dan aku sempat berpikir keras. Pembinaan OSN Jateng berlangsung dari tanggal 3 Mei sampai berangkat bersama ke Padang tanggal 15 Mei. Beruntung tempat pelatihannya di Semarang (tempat yang sama seperti pelatihan OSP), sehingga aku memasukkan barang terakhirku ke tas ketika taksi yang menjemput sudah menunggu sekitar 10 menit. ‘Semangat, Sal! Oleh-oleh emas!’ Kurang lebih begitu ucapan teman-teman, kakak dan adik kelas yang melepasku.

Siswa lain ditemani oleh orang tua atau guru? Pembina asramaku atau Abla yang mengantar🙂 Setelah mengurusi check in dan sebagainya, Abla pergi dan aku masuk ke kamar. Ternyata, aku sekamar lagi dengan Naomi. Sekarang ada Listia juga. Aku menempati kamar 210, bersebelahan dengan kamar 211 yang dihuni oleh Rahma, Rini, dan Novita.

Saat pembukaan di aula, kami mendengarkan tuturan Bapak Jateng (maaf pak, ini penyebutan saya pada bapak ya, mohon maaf. Ini bapak yang sama dengan yang membuka pelatihan OSP :D) tentang kontingen Jateng untuk OSN tahun ini. Jumlahnya menurun, dan lagi Pak Kris sebagai tetua bidang Biologi mengatakan bahwa Biologi yang biasanya menjadi tim paling gendut, sekarang menjadi tim paling kurus, berisi dua belas orang. Dan hal itu dibahas terus menerus sampai aku dan teman-teman biologi malu sendiri. Tapi … ya sudahlah, hal itu malah menjadi support kami untuk membuktikan, tim kecil bukan berarti prestasi kecil, kan?

Hari berikutnya, pembinaan dimulai! Kelas yang hanya berisi dua belas orang memang cukup sepi. Bahkan ada dosen yang berkata bahwa beliau seperti mengajar siswa yang sedang mengikuti upacara. Atau, Bu Iswari terlampau sering bertanya di kelas, ‘Kalian jenuh, ya? Kok saya lihat seperti nggak bersemangat sekali.’ Aku dan teman-teman hanya bisa bertukar pandangan. Bagaimana ya … Aku sudah mencoba meramaikan kelas dengan lawakan yang mungkin agak garing … hehe. Tapi kan setidaknya aku sudah berusaha. Kalau kita satu kelas memang nggak se’heboh’ itu (kita dibandingkan dengan kontingen tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah 20-an orang. Maksudku … yaiyalah) mau gimana lagi😦

Tapi … seiring waktu berjalan, kelasku semakin cair. Makhluk-makhluk yang awalnya pendiam itu mulai menampakkan taringnya (?). Mau tau siapa saja mereka? Mmm… baiklah, kita intip satu-satu penghuni kelas biologi!

1. Salsabiilaa Roihanah (Salsa, Kak Ro’i, Bu Guru, Ustadzah)

LJ3

Pokoknya itulah aku😀 Rahma yang mempelopori panggilan Kak Roi, terus kalau Bu Guru dan Ustadzah itu … ah entahlah. Bisa dibilang, aku paling kebo di kelas. Sempet-sempetnya tidur pas pelajaran😦 Tentu aku bertekad nggak mengulanginya lagi tapi …………………………………….. susah! wkwk. Kawan yang sebangku sama aku itu Rahma, dan kita melakukan apapun untuk mendapatkan tempat duduk paling depan *ngeri*. Kayaknya aku juga yang paling suka nanya di kelas. Selebihnya … tanya saja orang-orang di bawah ini tentangku😀

2. Khairunisa Rahma Handayani (Rahma, Iru, KOI, Kakak, Preman)

Image

Bu Iswari sering mengadakan kuis, semisal kita saling melempar pertanyaan ke bangku lain. Kalau mereka menjawab benar akan dapat poin, tapi jika tidak bisa dan jawaban kita yang benar, maka kita yang mendapat poin. Aku yang sebangku sama Rahma kayaknya paling ganas di kelas. Kalau sudah tunjuk tangan tapi nggak digubris sama penanya, Rahma langsung teriak “WOY, WOY, KITA WOY!” Pernah aku dan Rahma sudah menjawab benar, namun kelompoknya si David mengulang jawaban kita dengan bahasa lain (Kalau tidak salah waktu itu jawaban grupku ‘baru lahir’, tapi David langsung teriak ‘neonatal, neonatal!’). Kayaknya grup penanya lebih perhatian ke David, akhirnya aku berseru “HEH NGGAK BISA GITU! SAMA AJA TADI KITA BILANG BARU LAHIR. DULUAN SIAPA, HAH???” Hehehe … liar😀 Tapi keganasan kita itu berbuntut dua batang coklat dan sebungkus KFC dari Bu Is sebagai hadiah untuk grup dengan poin terbanyak. Alhamdulillah :’)

Anak Purworejo nih, dari SMPN 2 Purworejo. Bajunya keren-keren, hijabers syar’i intinya aku suka gaya dia❤ Sok muda banget panggil ‘kakak’ ke aku (dan banyak orang lainnya), padahal jelas-jelas dia yang lahir taun 90-an. Terus … Kayaknya memang sudah guratan takdir (eaaa) aku dan Rahma kemana-kemana bersama (kata dia kayak lagu Cherrybelle). Sewaktu Bio Jateng yang lain menempati kamar di lantai tiga saat di Padang, aku dan Rahma lantai dua. Saat yang lain masuk bus 10 sewaktu wisata edukasi, kita dua anak Jateng tersesat di bus 8. Saat yang lain … pokoknya banyak deh. Tapi gara-gara itu aku dan dia jadi sering selfie bareng (loh). Contohnya di bawah ini …😀

 

Image

Aku cerita banyak hal ke dia, sebaliknya juga. Pokoknya asyik deh, kita sering sehati sepemikiran sejiwa bahkan dikatain David kayak orang pacaran saking kemana-kemana kita bareng … wkwk. Temen yang bau syurga banget juga soalnya suka ngajak dan mau diajak sholat fardu maupun sunnah dan baca Al Quran :’) Ketemu lagi, ya, next time Kakak Preman Berkerudung Pandang Peraih Medali …. (sssssttt). Love you to the moooon (tuh, o-nya aja ada empat :p) and back, deh🙂

3) Listia Nur Rahmadhani (Listia, Listi-A, Kalistia)

Temen sekamar nih … Anak Magelang dari SMPN 1 Salaman. Jauuuuh dari pecicilan, suaranya lembut, pribadinya lembut, umi-umi banget pokoknya😀 Rajiiiin baca buku kemana-mana. Pecinta susu kotakan kayak aku, apalagi Mimi .. hehe, iya nggak? :p Subhanallah selalu bangun sepertiga malam untuk beribadah … Ngefans sekali aku denganmu :3 Temen duduknya Naomi kalau di kelas. Ibu peri kemanusian setiap malem bagi-bagi buah. Ahayy, kau menyehatkanku, nak.

Berharap lagi ketemu Listia pas olim SMA! Yayaya? Semangat terus sayaaang, rencana-Nya paling indah!

4) Naomi Setyaningrum (Naomi, Bunda Naomi)

Image

Kiri ke kanan : Novita dan Naomi

Temen sekamar dari TC OSP yang kalem. Pernah ditanyain sama Pak Kris, “Kamu yang model itu ya?” “Mm…model? Ooh, Naomi Campbell, pak?” Naominya ketawa gitu. “Oh iyaa… itu ya, suaminya mungkin yang bikin buku Campbell?” HAHAH😀

Orang Semarang, tepatnya dari SMPN 1 Semarang. Mirip gitulah sifatnya sama Listia, kalem-kalem menghanyutkan … hehe. Kalau selesai pembinaan langsung tidur, tidurnya cepet dan lampunya harus dimatiin. Ngerasa bersalah banget aku sering melek sampai malem dengan lampu menyala. Maafin Salsa, sayaang :’)

Chance ketemu kamu cukup besar. Kapan-kapan meet up, beb, kita ngomongin biologi lagi😀 Naomi juga keren, selalu positive thinking. Calon peraih medali OSN SMA nih, bismillah!

5) Rini Wulandari (Rini, Rakit, Lini, Bocah Cilik, Anak Kecil)

Dipanggil Rakit sama Pak Kris, gara-gara asalnya yang dari SMPN 2 Rakit. Rini ini sering digodain sekelas gara-gara cara ngomongnya yang kebarat-baratan … hehe. Sampai-sampai Bu Is ngikutin. Sering di bully sama sekelas gara-gara paling muda, tapi dianya strong dan fine-fine aja. Maafkan kami sayang❤ Kadang-kadang suka nggak pede padahal bisa, BISA banget malah. Suka minta tolong aku buat ngejelasin sesuatu, padahal akunya juga bingung haha. Maafkan semua ketidak jelasan dalam penjelasanku, dik -,-v

Yaaaah adekku yang satu ini kereeeen banget. Baru kelas 7 tapi … subhanallah, rajin banget semua buku dibaca dan semua soal dibabat habis. Semoga aku bisa serajin kamu :3 Dan hasil yang dia raih juga .. ah, nanti saja biar kejutan😀 Intinya kelihatan banget calon gold medalist OSN 2015. SEMANGAT DI PALU! Jangan memar, bawain oleh-oleh medali emas yaa🙂

6) Novita Dwi Lokasari (Novita)

 

Image

Kamu berutung punya nama panggilan yang normal dibanding yang lainnya😦 Cewek ini awalnya kelihatan kalem, tapi gitu-gitu nyatanya Ketua OSIS + Pramuka loh, + Medalist … ya gitu deh :p Diem-diem narsis juga. Dan lama-lama cukup ramee. Asalnya SMPN2 Gringsing. Pernah diajak kenalan temenku yang sama-sama dari Gringsing.

Terakhir kayaknya kakak yang satu ini lagi sakit, stress nyusul ulangan dan menghadapi UKK kali ya? Semangat terus buatmu sayaang, fokus dulu supaya sembuh nggak usah mikirin yang lain. Love ya :*

———

Yaps, itulah profil para cewek penghuni kelas Biologi 2014. Kangen kalian semua, sungguuuh … Kangen misi-misi kita untuk mengungkap fakta dari pengamatan hehe. Kangen cari air minum sampai naik turun tangga. Kangen nyuci botol. Kangen saling nungguin buat naik ke bus/ jalan/ pergi/ ke kelas/ kemanapun. Kangen menggenggam tangan kalian saat pengumuman peraih medali, inget-inget kita yang saling mendukung satu sama lain, tuh … *bentar, ambil tisu dulu, keypad udah basah :p* Semoga Allah mempertemukan kita semua di kesempatan lain🙂

 

Image

Dari kiri ke kanan : Rahma, Naomi, Novita, Salsa, Rini, Listia

 

(Sssttt… Biology Boys segera menyusul :D)

 

 

BERSAMBUNG

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s